LITERASI DIGITAL UNTUK PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU USAHA SKALA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA MALANG
Keywords:
Literasi Digital, Usaha Mikro Kecil Menengah, Keamanan Siber
Abstract
Peningkatan kapasitas pelaku usaha skala mikro, kecil, dan menengah dalam menggunakan teknologi digital serta perangkatnya dilakukan dengan memberikan pelatihan literasi digital. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar memiliki pengetahuan literasi digital sehingga mampu menggunakan teknologi digital serta perangkatnya secara bijaksana, tepat guna, dan aman. Rumah Pengusaha Malang Raya (RPMR) merupakan paguyuban pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kota Malang, Jawa Timur. RPMR memiliki cakupan wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, hingga Kota Batu dan memiliki 450 anggota yang tersebar di berbagai wilayah. Dengan jumlah anggota yang banyak perlu diberikan pelatihan bagi para pelaku usaha skala mikro, kecil dan menengah berupa pelatihan literasi digital yang nantinya dapat membantu mereka beradaptasi untuk menghadapi tantangan-tantangan dunia digital. Pelatihan literasi digital ini menggunakan materi dari program USAID ‘Digital Asia Accelerator (DAA) – Literasi Digital’ yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan teknologi digital atau pembangunan ekonomi yang aman dan tepat di Asia Tenggara. DAA berfokus kepada tujuan meningkatkan kesadaran publik tentang masalah keamanan digital dan meningkatkan perilaku aman berinternet dan memperkuat kemampuan sektor swasta khususnya UMKM untuk terlibat aktif daslam ekonomi digital melalui peningkatan dan ketrampilan digital serta keamanan siber (cybersecurity)References
Gilster, P. (1997). Digital Literacy. John Wiley & Sons, Inc. Publisher.
Hobbs, R. (2017). Create to Learn: Introduction to Digital Literacy. John Wiley and Sons, Inc. Publisher.
Hague, C., Payton S., (2011). “Digital literacy across the curriculum”. Curriculum Leadership Journal. http://www.curriculum.edu.au/leader.
Hobbs, R. (2017). Create to Learn: Introduction to Digital Literacy. John Wiley and Sons, Inc. Publisher.
Hague, C., Payton S., (2011). “Digital literacy across the curriculum”. Curriculum Leadership Journal. http://www.curriculum.edu.au/leader.
Published
2022-12-30
Section
Articles
Copyright (c) 2022 Tri Yulistyawati Evelina, Ayu Sulasari, Ita Rifiani Permatasari, Lina Budiarti, Radhia Jatu Noviarsita Sakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).