APLIKASI PIXELLAB UNTUK DASAIN MEDIA INFORMASI
Abstract
Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah juga dilaksanakan oleh KB/TK Star Kids. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar daring. Hal ini dikarenakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media WhatsApp, yaitu WhatsApp Group. Selain kelebihannya WhatsApp Group juga memiliki kekurangan. Pesan teks yang disampaikan oleh guru melalui WhatsApp Group terkadang tidak tersampaikan dengan baik dikarenakan banyaknya chat pada group tersebut. Pelatihan desain media informasi menggunakan software aplikasi pixellab dapat dimanfaatkan untuk menambah keterampilan guru atau pihak sekolah membuat atau mendesain media informasi lebih menarik, sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik. Hal ini dikarenakan desain yang dibuat mempunyai ekstension JPEG yang membuat tampilan berbeda dengan chat biasa.References
Augusta, 2012. Pengertian Anak Usia Dini, Diambil dari http://infoini.com/pengertian anak usia dini diakses tanggal 2 Januari 2021.
Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.
Pranajaya, & Hendra Wicaksono., 2017. Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) Di Kalangan Pelajar (Studi kasus Di MTs Al Muddatsiriyah dan MTs Jakarta Pusat). Prosiding SNaPP2017.
Rosarians, F., Warsono, A., Fikri, A., & Permana, S., 2020. Belajar di Rumah Lewat WhatsApp. https://koran.tempo.co/read/metro/451002/belajar-dirumah-lewat-WhatsApp? (Diakses tanggal 5 Maret 2021).
Yulianti, Dwi, 2010. Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT Indeks https://www.pilarteknotama.co.id/pentingnya-desain-grafis-dan-multimedia-sebagai-media-informasi-dan-komunikasi/
Copyright (c) 2022 Dwi Sudjanarti Dwi, Asminah Rahmi, Heru Utomo, Rr. Tri Istining Wardani, Esther Hesline Palandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).