Pelatihan Pembuatan Video Digital Marketing Dan Poster Bisnis Bagi Tenant Program Mahasiswa Wirausaha Inkubator Bisnis ETU POLINEMA

  • Suselo Utoyo Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang
  • Tri Yulistyawati Evelina Politeknik Negeri Malang
  • Radhia Jatu Noviarsita Sakti Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang
  • Rizky Kurniawan Murtiyanto Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang
  • Moh. Charits Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang
Keywords: Digital Marketing, Poster Bisnis, Tenant Mahasiswa, Inkubator Bisnis

Abstract

Inkubator Bisnis ETU Polinema merupakan pusat pengembangan kewirausahaan yang konsisten menjalankan program Dikti yaitu Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang mendukung pengembangan program-program kewirausahaan serta menumbuhkan jiwa bisnis (sense of business) sehingga memiliki keberanian untuk memulai usaha yang didukung dengan modal yang diberikan dan pendampingan secara terpadu dan menghasilkan tenant-tenant wirausaha muda yang dapat menciptakan lapangan kerja dan calon pengusaha sukses masa depan.  Pada tahun 2020 ini kegiatan PMW telah meloloskan sebanyak 35 kelompok usaha mahasiswa dengan sekitar 150 peserta mahasiswa di dalamnya. Adapun bidang usahanya meliputi: 1) Desain kreatif; 2) Kuliner; dan 3) Technopreneurship. Pelatihan-pelatihan telah diberikan oleh Inkubator Bisnis ETU Polinema untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha dan membangun sikap mental wirausaha. Namun di era digital dan pandemi Covid-19, pemasaran produk yang dilakukan oleh para tenant PMW masih dirasa kurang maksimal. Hal ini dikarenakan tidak semua mahasiswa dapat menggunakan dan memanfaatkan digital marketing dalam memasarkan produknya. Pemanfaatan digital marketing ini digunakan untuk membuat video dan poster bisnis sebagai konten promosi bagi produk tenant PMW. Produk-produk mahasiswa yang kreatif dan berdaya jual tinggi akan dapat mencapai sasaran konsumen yang dituju khususnya di pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penting dilakukan pelatihan bagi tenant Program Mahasiswa Wirausaha Inkubator Bisnis ETU Polinema, berupa 1) Pelatihan pembuatan digital marketing untuk menunjang pemasaran secara online guna meningkatkan penjualan produk-produk tenant mahasiswa; 2) Pelatihan pembuatan video dan poster bisnis sebagai media promosi untuk mendukung pemasaran digital.

References

akudigital.com. 2021. Pengertian Digital Marketing, Digital Marketing adalah metode promosi suatu produk atau jasa dengan menggunakan media digital. https://www.akudigital.com/bisnis-tips/apa-itu-digital-marketing/. Diakses tanggal 26 Januari 2021.
Surat Keputusan Pemenang Program Mahasiswa Wirausaha Inkubator Bisnis ETU Polinema tahun 2020.
Published
2022-02-17