BIMBINGAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN FEED INSTAGRAM UNTUK PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING PADA USAHA JASA ANALISIS DATA STATISTIK DI KELURAHAN MERJOSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

  • Lina Budiarti
  • Rena Feri Wijayanti
  • Shinta Maharani Trivena
  • Tri Yulistyawati Evelina
  • Kartika Indah Permanasari
Keywords: Relationship Marketing, Feed Instagram, Usaha Jasa

Abstract

ABSTRAK Kegiatan menjalin hubungan dengan pelanggan merupakan hal yang penting, tidak hanya sebatas ketika transaksi selesai dilakukan. Pemasaran yang menekankan pentingnya membangun hubungan dengan pelanggan disebut relationship marketing. Salah satu upaya untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan adalah dengan berkomunikasi dengan pelanggan. Periklanan merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan pelanggan dalam komunikasi pemasaran terintegrasi. Periklanan dapat dilakukan melalui berbagai media baik itu televisi, radio, surat kabar, majalah, internet, maupun melalui sosial media seperti yang populer dilakukan belakangan ini. Usaha kecil dapat beriklan dengan biaya yang relatif lebih terjangkau yaitu dengan beriklan melalui sosial media salah satunya melalui instagram. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengarahan tentang pembuatan feed instagram untuk penerapan relationship marketing.   Kata Kunci: Relationship Marketing, Feed Instagram, Usaha Jasa   ABSTRACT The activity of establishing relationships with customers is important, not only when the transaction is completed. Marketing that emphasizes the importance of building relationships with customers is called relationship marketing. One of the efforts to build long-term relationships with customers is to communicate with customers. Advertising is one way of communicating with customers in integrated marketing communications. Advertising can be done through various media, like for example, television, radio, newspapers, magazines, the internet, or through social media as is popular lately. Small businesses can advertise at a relatively more affordable cost, namely by advertising through social media, one of which is through Instagram. This community service aims to provide guidance on creating Instagram feeds for the application of relationship marketing.   Keywords: Relationship Marketing, Feed Instagram, Service Business

References

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Prenadamedia Group, Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 2008. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Lembaran RI Tahun 2008 No. 20. Sekretariat Negara, Jakarta.
Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Stratejik. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Published
2022-02-15