UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PAUD PUTIH MELATI KELURAHAN MERGOSONO KECAMATAN KEDUNGKANDANG MALANG MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIK

  • Nilawati Fiernaningsih Politeknik Negeri Malang
  • Baroroh Lestari Politeknik Negeri Malang
  • Farika Nikmah Politeknik Negeri Malang
  • Achmad Zaini Politeknik Negeri Malang
  • Yosi Afandi Politeknik Negeri Malang
Keywords: Pos PAUD, APE, children's motoric, teacher, Putih Melati

Abstract

Based on the results of the discussion it was found that the Pos PAUD Putih Melati manager experienced obstacles in terms of financial management and administration. Therefore, dedication was carried out in the form of providing material related to the management and financial administration of Pos PAUD Putih Melati. Overall, the service activities carried out at the Pos PAUD Putih Melati can be said to be successful. This success is not only measured by the four components above, it can also be seen from the participants' satisfaction after participating in the activities and the use of APE by students of the Pos PAUD Putih Melati. Based on the results of the implementation of the dedication that has been carried out, several suggestions can be submitted, namely: 1) The time of the implementation of the service activities needs to be increased so that the objectives of the activity can be fully achieved. 2) The existence of follow-up activities in the form of similar training is always held periodically so as to improve the ability of teachers to carry out the teaching and learning process.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Permen 58 tahun 2009. Jakarta: Direktorat Jendral Mnajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Pembinaan TK SD.

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Pembinaan TK SD.

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Situasi dan Kondisi Perawatan dan Pendidikan Anak Dini Usia. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2002. Naskah Akademik Pendidikan Anak Dini Usia. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2003. Buletin PADU. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.2004. Buletin PADU. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2005. Buletin PADU. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2006. Buletin PADU. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. Rencana Aksi Nasional Pendidikan Untuk Semua 2003 – 2015. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2005. Rencana Strategis (Renstra)

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini 2005 – 2009. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2007. Grand Desain Pendidikan Anak Usia Dini tahun 2007. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah. 2006. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. 2015. Jumlah Satuan PAUD D.I.Yogyakarta.. Diunduh pada app.pauddikmas.kemendik

bud.go.id/pendataan/dapodikpaudni/index.php?md=reporttp&item=report_01a&propid=34&kbkot_id=3471&kec_id=kel_id=. Jumlah Satuan PAUD D.I.Yogyakarta. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. 23 Februari 2018.

Hasan, Maimunah. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press.

Handoko, T. Hani 1995, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Yogyakarta: BPFE.

Hasan, Maimunah.2010 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Panduan Lengkap Manajemen Mutu Pendidikan Anak Untuk Para Guru Dan Orang Tua, Diva Press, Yogyakarta.

Muhammad Fadlillah. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Pimpinan Pusat HIMPAUDI Indonesia. 2007. Pedoman Kerja Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) tahun 2007.

Rita Eka, Siti Partini, Yulia Ayriza, Hiryanto, Rosita. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Published
2020-07-22