Pelatihan Olahan Ikan Lele Untuk Pemberdayaan Keluarga Awak Angkutan Terdampak Covid-19

  • Aju Tjatur Nugroho Krisnaningsih Universitas Kanjuruhan Malang
  • Tri Ida Wahyu Kustyorini Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Dimas Pratidina Puriastuti Hadiani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Waluyo Edi Susanto Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Ari Brihandhono Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: Olahan ikan, pelatihan, dampak covid-19

Abstract

Program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi guna peningkatan pendapatan keluarga awak angkutan umum melalui produk yang  memiliki nilai manfaat dan ekonomis dari olahan ikan lele serta limbah ikan yang berupa tulang dan duri menjadi produk fillet maupun crispi. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, diskusi, penyuluhan, pelatihan dan percontohan/demoplot alih teknologi yang diterapkan. Kegiatan ini melibatkan Mitra untuk aktif terlibat langsung mengikuti kegiatan. Selanjutnya dilakukan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan Mitra dalam mengadopsi alih teknologi yang telah disampaikan oleh Tim Pengabdi. Berdasarkan hasil analisa secara deskriptif memberikan peningkatan pengetahuan dan pemahaman dari Mitra terkait transfer teknologi pencabutan tulang dan duri dari daging ikan lele dan pengolahan duri ikan  dan peningkatan ketrampilan Mitra untuk membuat produk olahan dengan benar.  Kesimpulan dari pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan alih teknologi pencabutan tulang dan duri dari daging ikan lele dan pengolahan produk mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta pendapatan keluarga awak angkutan. Berdasarkan hasil evaluasi disarankan untuk Mitra mengikuti SOP sesuai standar kualitas pengolahan produk.    

Author Biographies

Tri Ida Wahyu Kustyorini, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
   
Dimas Pratidina Puriastuti Hadiani, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
   
Waluyo Edi Susanto, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
   
Ari Brihandhono, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
   

References

Handajani, H., S. D, Hastuti & G. A,Wirawan. 2013. Optimalisasi Produksi Ikan Melalui Pelatihan Pengelolaan Induk Ikan Lele Berkualitas Di Kelompok Pembudidayaikan Rajamina dusun Pidek Desasepanjang kecamatan Gondanglegi Malang Jurnal DEDIKASI, Volume 10, Mei 2013: 20 – 26. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1754
Hanoatubun, S. 2020. Dampak Covid – 19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology andCounseling, 2(1), 146-153.
Winarko, W., A, Jufriadi., H. D, Ayu. 2017. Peningkatan Kapasitas Peternak Lele Tradisional Melalui Program Kemitraan Masyarakat. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) Vol. 2 No. 2. ISSN : 25411977 E- ISSN : 25411977
Yuliana. 2020. Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Wellness and Healthy Magazine, Vol.2. No.1, Februari 2020,p. 187-192.,ISSN 2656-0062 (online)
Published
2022-12-30