PELATIHAN KETERAMPILAN HIDUP BERBASIS KEUANGAN BAGI PERANGKAT DESA DUWET KABUPATEN MALANG

  • Tri Yulistyawati Evelina Politeknik Negeri Malang
  • Radhia Jatu Noviarsita Sakti Politeknik Negeri Malang
  • Suselo Utoyo Politeknik Negeri Malang
  • R. Sugeng Basuki Politeknik Negeri Malang
Keywords: Kapasitas SDM, Ketrampilan Hidup Berbasis Keuangan, Perangkat Desa

Abstract

Kualifikasi sumber daya manusia khsususnya perangkat desa merupakan hal penting yang berperan strategis dalam perubahan dan sebagai motor penggerak pembangunan perekonomian desa yang tangguh, sehingga perangkat desa memiliki kemandirian hidup khususnya kemandirian ekonomi.  Sejalan hal tersebut para perangkat desa harus dipersiapkan dengan baik sehingga memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja yang baik, sehingga mampu bersaing secara global. Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia dilakukan dengan memberikan pelatihan keterampilan hidup berbasis keuangan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Menggunakan modul dari Proyek YouthWin through Economic Participation (YEP Project) yang merupakan bagian dari inisiatif multiprogram bernama Kunci dari United States Agency for International Development (USAID) maka dilaksanakan Pelatihan Keterampilan Hidup berbasis Keuangan yang mengintegrasikan keterampilan Hidup dan Keterampilan Literasi Keuangan yang diharapkan mampu menciptakan sebuah perubahan yang sistemik terhadap persepsi, cara pandang, kepercayaan diri, perilaku serta keterampilan keuangan. Program Ketrampilan Hidup Berbasis Keuangan ini diberikan kepada perangkat desa Duwet terdiri dari perangkat desa peserta perwakilan dari pengelola BUMDesa dan Karangtaruna yang ada di desa Duwet. Pelatihan berjalan sangat lancar dan interaktif karena peserta jarang mendapatkan pelatihan berkenaan dengan Financial Life Skills, dengan metode-metode yang interaktif yaitu: 1) Menarik minat peserta, 2) Role Play; 3) Quiz, 4) Games; 5) Ice Breaking dan energizer.

References

Data Pemerintah Desa Duwet. 2021. Pemerintahan Desa Duwet Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.
Hayat. 2013. Realokasi Kebijakan Fiskal; Implikasi Peningkatan Human Capital dan Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Bina Praja, Volume 6 Nomor 2 Tahun 2013.
P2M Polinema. 2020. Modul Desa Mitra Profil Desa Duwet Kecamatan Tumpang – Kabupaten Malang. Politeknik Negeri Malang.
Panduan Pelatih dan Master Trainer YEP, USAID, 2017.
Road Map Program Desa Mitra Desa Duwet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang 2020 – 2025. 2020. Politeknik Negeri Malang.
www.cnbcindonesia.com. 2019. Produktivitas Pekerja Indonesia di ASEAN Urutan Berapa? Berita 1 Mei 2019. Diakses tanggal 20 Januari 2021.
www.medcom.id. 2020. Produktivitas Tenaga Kerja Indonesia di Bawah Rata-rata ASEAN. berita tanggal 13 November 2020. Diakses tanggal 20 Januari 2021.
Published
2022-02-17