APLIKASI PIXELLAB UNTUK DASAIN MEDIA INFORMASI

  • Dwi Sudjanarti Politeknik Negeri Malang
  • Asminah Rahmi Politeknik Negeri Malang
  • Heru Utomo Politeknik Negeri Malang
  • Rr. Tri Istining Wardani Politeknik Negeri Malang
  • Esther Hesline Palandi Politeknik Negeri Malang
Keywords: media informasi, WhatsApp, Pixellab

Abstract

Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah juga dilaksanakan oleh KB/TK Star Kids. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar daring. Hal ini dikarenakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media WhatsApp, yaitu WhatsApp Group. Selain kelebihannya WhatsApp Group juga memiliki kekurangan. Pesan teks yang disampaikan oleh guru melalui WhatsApp Group terkadang tidak tersampaikan dengan baik dikarenakan banyaknya chat pada group tersebut. Pelatihan desain media informasi menggunakan software aplikasi pixellab dapat dimanfaatkan untuk menambah keterampilan guru atau pihak sekolah membuat atau mendesain media informasi lebih menarik, sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik. Hal ini dikarenakan desain yang dibuat mempunyai ekstension JPEG yang membuat tampilan berbeda dengan chat biasa.

References

Augusta, 2012. Pengertian Anak Usia Dini, Diambil dari http://infoini.com/pengertian anak usia dini diakses tanggal 2 Januari 2021.

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.

Pranajaya, & Hendra Wicaksono., 2017. Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) Di Kalangan Pelajar (Studi kasus Di MTs Al Muddatsiriyah dan MTs Jakarta Pusat). Prosiding SNaPP2017.

Rosarians, F., Warsono, A., Fikri, A., & Permana, S., 2020. Belajar di Rumah Lewat WhatsApp. https://koran.tempo.co/read/metro/451002/belajar-dirumah-lewat-WhatsApp? (Diakses tanggal 5 Maret 2021).

Yulianti, Dwi, 2010. Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT Indeks https://www.pilarteknotama.co.id/pentingnya-desain-grafis-dan-multimedia-sebagai-media-informasi-dan-komunikasi/

Published
2022-06-30